Cara Praktis Membuat Tempe

Cara membuat tempe pada dasarnya adalah menumbuhkan spora yang disebut Rhizopus sp pada tempe. Dalam pertumbuhannya, jamur tempe tersebut membentuk benang hiva. Benang hiva ini menghubungkan antara kedelai yang yang dan yang lain. Selama pertumbuhan jamur tempe tersebut juga menguraikan kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada kedelai agar lebih mudah dicerna oleh pencernaan. Untuk membuat tempe, langkah paling awal tentunya menyiapkan bahan dan juga alat yang dibutuhkan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut :

Tempe1

  • Kacang kedelai sebanyak 2 kg.
  • tepung sagu atau tapioka sebanyak 1 sendok makan.
  • Ragi tempe sebanyak 1 sendok makan.

Sementara itu, alat-alat yang dibutuhkan antara lain:

  • Panci untuk merebus.
  • Wadah cekung atau mangkuk.
  • wadah datar.
  • Plastik atau daun pisang.
Cara membuat tempe sebagai berikut:
  1. Pertama, rebus air hingga mendidih. Setelah itu masukkan kacang kedelai ke dalam air yang mendidih tadi. Diamkan hingga suhu air hangat. Selanjutnya, pisahkan air dan kacang kedelai. Kemudian remas-remas hingga kacang terpisah dari kulitnya dan kacang terbelah menjadi dua.
  2. Kacang kedelai yang telah terpisah dari kulit kembali direbus dengan air hingga mengeluarkan buih. Setelah itu, pisahkan kacang kedelai dengan air. Agar lebih cepat kering, simpan kacang kedelai di wadah datar yang dasarnya telah diberi kain untuk menyerap cairan.
  3. Setelah kering, kacang kedelai disimpan di wadah cekung. Kemudian tambahkan ragi dan tepung. Aduk hingga benar-benar merata.
  4. Setelah tercampur sempurna, masukkan kacang kedelai ke dalam medium plastik atau daun pisang. Ujung plastik atau daun pisang dirapatkan. Kemudian bolongi plastik sehingga ada sirkulasi untuk udara.
  5. Diamkan adonan tempe dengan durasi 24 sampai 36 jam. Lebih baik lagi jika disimpan di tempat yang hangat.
Bagaimana? Cara membuat tempe sangat mudah dan praktis kan? Dengan sedikit ketelatenan dan keseriusan, Anda bisa menjadikan tempe sebagai peluang usaha penopang ekonomi keluarga Anda. Jika untuk Skala Industri, persoalan pemisahan kulit ari tempe bisa sangat memberatkan, maka untuk  membantu proses penghilangan kulit ari tempe, bisa dibantu menggunakan mesin penghilangan kulit ari sekaligus pemecah kedelai. Namanya mesin pengupas kulit ari dan pemecah kedelai. Mesin ini bisa dengan proses basah dan kering. Proses basah adalah kedelai yang sudah dilakukan perendaman, sementara proses kering adalah proses untuk kedelai yang belum direbus. Untuk melihat mesin pengupas kulit ari kedelai bisa dilihat DISINI.
 
Selamat Mencoba…!
 
*di sarikan dari berbagai sumber by Admin
 
 
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s