Cara Membuat Dodol

DodolDodol adalah salah satu makanan camelan tradisional Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, jenis rasa dodol saat ini semakin variatif. Seperti rasa Nanas, Mangga, Durian, dan seterusnya.

Saat ini pemasaran hasil produksi dodol kebanyakan bisa kita jumpai di pasar tradisonal. Bahkan pembuatan dodol juga masih menggunakan cara tradisonal, dimana bagi pengelola/pengusaha dodol khusunya yang produksinya berskala besar, proses pembuatan dodol ini memakan waktu lama yang tidak sebanding dengan tenaga dan waktu yang digunakan.

Dodol yang pembuatannya dengan cara tradisional. Bisa diprediksi pekerjanya kontak langsung dengan bahan-bahan dasar yang diproduksi.(lihat factor kontak tangan dengan makanan). Sehingga akibatnya dodol yang dihasilkan kurang heginis/bersih dan tidak tahan lama.

Untuk membuat dodol yang heginis dan berkualitas serta hasilnya tahan lama diperlukan teknik/cara  pembuatan dodol yang prosesnya baik dan benar. Seperti cara proses pembuatan, alat-alat yang digunakan. Sehingga proses produksinya lebih betkualitas, heginis serta efisien (hemat tenaga dan waktu).

Adapun Bahan Dasar Dodol :

  1. Tepung ketan 1 kg
  2. Gula merah (Gula jawa) 2 kg
  3. Kelapa parut 6 butir
  4. Garam secukupnya

Alat-Alat Mesin Yang Bisa Digunakan ;

Misal Cara Membuat Dodol Garut :

Kelapa parut diperas, diambil dulu santan kentalnya. Kemudian, pemerasan dilanjutkan untuk diambil santan cairnya. Separuh santan cair dimasukkan ke dalam panci,tepung ketan dan sedikit garam ditambahkan. Dimasak sambil diaduk-aduk hingga berbentuk bubur.

Gula merah dengan sisa santan cairnya direbus di tempat terpisah, kemudian dimasukkan ke dalam adonan sambil terus diaduk-aduk agar merata. Terakhir, santan kental dimasukkan. Adonan harus terus diaduk-aduk agar kematangannya merata.

Adonan dodol dianggap matang jika rasanya sudah enak dan adonan mengeluarkan minyak. Siapkan wadah baskom besar atau tampah yang sudah dialasi plastik dan diolesi minyak makan agar adonan tidak lengket. Adonan dituang ke wadah tersebut dan didinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin, dodol dipotong-potong, lalu dibungkus satu per satu dengan kertas minyak .

 

Selamat Mencoba !!!

2 thoughts on “Cara Membuat Dodol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s