Cara Membuat Emping Jagung

EmpingJagungEmping Jagung merupakan makanan ringan khas Indonesia yang dibuat dengan cara tradisional berbentuk emping mirip kerupuk. Emping dibuat dari berbagai bahan-bahan penting yang mengandung cukup sari pati seperti emping mlinjo dan emping jagung. Emping mlinjo dibuat dari biji mlinjo yang biasa dijadikan cemilan atau pelengkap hidangan seperti sroto, sop, gado gado, dan sebagainya. Emping jagung terbuat dari jagung yang ditumbuk, emping jagung juga biasa dijadikan cemilan gurih atau makanan ringan dengan variasi aneka rasa.

Emping Jagung Diproduksi diberbagai daerah di indonesia dan yang terebanyak  di Pulau Jawa. Meskipun termasuk jenis jajanan tradisional, namun emping Jagung mudah dijumpai di toko, supermarket dan berbagai restoran bahkan ada yang sampai di export keluar negeri seperti Timur Tengah dan Amerika. Emping yang dijual ada yang dalam keadaan mentah dan ada pula yang sudah siap dikonsumsi.

Karena rasanya yang bervariasi, emping jagung lebih banyak disukai dari pada emping mlinjo yang memiliki sensasi rasa gurih dan pahit. Emping jagung yang memiliki ukuran lebih kecil namun tak kalah gurih. Taburan bumbu pada emping jagung juga membuat emping ini terasa istimewa. Dahulu emping jagung hanya berasa asin atau original namun sekarang emping jagung telah memiliki banyak varian rasa mulai dari emping jagung rasa balodo pedas, jagung manis, sapi panggang, keju bahkan pizza. Emping jagung cocok dinikmati di berbagai acara sebagai cemilan keluarga, saat santai atau saat sedang atau anda pergi berlibur.

Proses pembuatan Emping Jagung relatif mudah. Namun memerlukan kesabaran dan kehati hatian karena bentuknya yang kecil dan tipis. Bahan yang digunakan hanyalah jagung, garam dan bumbu sesuai selera. Jagung yang digunakan harus besar dan tua ( jagung pipil )agar saat di pipihkan tidak rusak dan kecil kecil.

Proses membuat emping jagung ;

  • Jagung pipil kering dicuci hingga bersih dan pastikan bebas dari jamur.
  • Setelah itu jagung direbus dengan air kapur selama kurang lebih 1 jam untuk menghancurkan kulit ari. selanjutnya dicuci kembali dan direndam selama semalam baru kemudian jagung dikukus selama 1 jam.
  • setelah matang jagung yang masih panas dipipihkan atau digenjet dengan mesin pemipih emping jagung untuk menghasilkan emping jagung mentah.
  • Emping jagung mentah dijemur dibawah terik matahari selama 1 sampai 2 hari. Baru kemudian digoreng dengan minyak panas selama beberapa detik.

Untuk menciptakan emping berbagai rasa, minyak yang digunakan untuk menggoreng ditambahkan garam atau larutan bumbu sambil diaduk aduk agar bumbu dapat tercampur rata. Hal ini yang membuat emping jagung terasa gurih dengan bumbu yang meresap.

Agar rasa dan aroma Emping Jagung segera masukan kedalam plastik atau toples kedap udara. Emping jagung siap dinikmati

Sumber :

–          http://rumahmesin.com/

–          http://www.masakkue.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s