Cara Mengolah Jagung Pasca Panen

Cara Mengolah Jagung Pasca PanenPasca panen merupakan kegiatan yang menentukan kualitas dan kuantitas dari jagung, kesalahan dalam penanganan panen dan pasca panen dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar bahkan bisa kehilangan nilai ekonomisnya. Karena itu penanganan pasca panen secara benar perlu  dilakukan,Agar komoditas tersebut bisa menghasilkan jagung yang berkualitas dan mampu bersaing. Berikut adalah pengolahan jagung pasca panen:

 Pengeringan jagung

Jagung juga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dikeringkan secara alami dan dikeringkan secara buatan. Pengeringan jagung secara alami dilakukan dengan menggunakan panas dari sinar matahari atau perapian dapur. Penjemuran sampai jagung cukup kering untuk disimpan biasanya berlangsung kurang lebih selama 60 jam pada cuaca cerah. Umumnya pengeringan jagung tongkol dilaksanakan sampai kadar air mencapai 18-20%. Sedangkan pengeringan jagung pipil dianjurkan dilakukan sampai kadar air mencapai 13-14%. Pengeringan jagung secara buatan dilakukan dengan menggunakan mesin pengering atau grain dryer. Pengeringan jagung pipil dengan mesin dilakukan pada suhu 38-430C sehingga kadar air jagung turun    menjadi 12-13%.  

Pemipilan jagung

Untuk meningkatkan efisiensi waktu dan menekan biaya, maka dilakukan pemipilan jagung dengan menggunakan alat pemipil jagung. Alat yang digunakan bisa secara manual maupun dengan mesin penggerak. Jagung yang akan dipipil harus dalam kondisi kering benar dengan kadar air +14 %, hal ini untuk menghindari kerusakan yang terjadi akibat gesekan ataupun pukulan alatnya.  

Pemberasan dan penepungan jagung

Jagung yang akan diproses menjadi bahan makanan perlu dilakukan proses lanjutan, dengan membuat beras dan tepung jagung. Secara tradisional pemberasan dan penepungan jagung dapat dilakukan dengan ditumbuk biasa. Namun untuk mempercepat proses pemberasan dan penepungan dapat digunakan mesin penepungan. Pemberasan/penepung jagung dimaksudkan untuk menghilangkan kulit ari dan sekaligus memperkecil ukuran jagung. Hal ini akan memudahkan untuk proses penepungan selanjutnya. Sebelum dilakukan atau dimasukkan dalam mesin penepung, beras jagung harus direndam selama + 24 jam untuk memudahkan dalam penepungan. ** Rumah mesin menyediakan mesin pengolah jagung, untuk info dan pemesanan hubungi ke no ini 081 328 042 283 atau klik link ini http://rumahmesin.com/mesin-jagung-mesin-pengolah-jagung/. 

2 thoughts on “Cara Mengolah Jagung Pasca Panen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s