Cara Pengolahan Buah Pala Pascapanen

Cara Mengolah Buah PalaSejak jaman nenek moyang, tanaman pala sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Selain sebagai rempah-rempah, pala juga berfungsi sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang banyak digunakan dalam industri pengalengan, minuman dan kosmetik. Hampir semua bagian dari tanaman Pala dapat di manfaat dan mempunyai nilai ekonomis. Agar kualitas produksi buah pala bagus selain mengetahui ketepatan waktu panen buah pala serta proses pemanenan,pengolahan pascapanen yang tepat juga akan menghasilkan hasil produksi yang berkualitas tinggi pula.

Adapun proses pascapanen yang sebaiknya dilakukan oleh petani pala yaitu :

1. Sortasi Biji pala (Pemisahan bagian buah)

Biji-biji yang terkumpul perlu disortir dan dipilah-pilahkan menjadi 3 macam yakni terdiri atas :

  • Biji pala yang gemuk dan utuh
  • Biji pala yang kurus atau keriput
  • Biji pala yang cacat.

2. PENGERINGAN BIJI PALA

Proses pascapanen yang berikutnya adalah pengeringan biji pala. Biji pala yang diperoleh dari proses ke-I tersebut segera dijemur untuk menghindari serangan hama dan penyakit. Biji dijemur dengan panas matahari pada lantai jemur/tempat lainnya.Untuk pengeringan juga bisa dilakukan dengan mesin supaya lebih efisien waktu, dan hasilnya juga lebih baik.

3. PEMECAHAN TEMPURUNG BIJI

Biji-biji pala yang sudah kering, kemudian dipukul dengan kayu supaya kulit bijinya pecah dan terpisah dengan isi biji. Pemecahan tempurung biji pala dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

– Proses pemecahan menggunakan tenaga manusia

Cara memecah tempurung dari biji pala dilakukan dengan cara memukulnya dengan kayu sampai tempurung tersebut pecah. Cara memecah tempurung biji pala memerlukan keterampilan khusus, sebab kalau tidak isi biji akan banyak yang rusak (pecah) sehingga kualitasnya turun.

– Proses pemecahan dengan menggunakan mesin

Cara ini banyak digunakan petani pala. Secara sederhana dapat diterangkan bahwa mekanisme kerja dan alat ini sama dengan yang dilakukan oleh manusia,

yakni bagian tertentu dari mesin menghancurkan kulit buah pala sehingga yang tinggal adalah isi bijinya. Keuntungan dari penggunaan mesin adalah tenaga, waktu dan biaya operasionalnya dapat ditekan. Di samping itu kerusakan mekanis dari isi biji juga lebih kecil.

** Untuk Info dan pemesanan mesin Anda dapat menhunjungi  Website: http://rumahmesin.com/mesin-pala-mesin-pengolahan-buah-pala/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s