Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

Bawang Renyah-Renyah

Bawang Renyah-Renyah

Bawang Goreng tidak bisa di anggap sepele dalamurusan masak –  memasak. Bawang gorengdapat membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih, dan aromanya yang harummenambah nafsu makan kita menjadi bertambah. Bawang goreng bisa dicampur dalam sajianmasakan seperti masakan nasi goreng, soto, gado- gado, mie goreng, semur dll,jika bawang goreng di tabur di atas makanan, akan menambah cita rasa dan bisasebagai penghias makanan. Bawang gorengmemiliki zat MSG alami yang dapat membuat makanan menjadi gurih, tidak usahpakai MSG masakan sudah gurih, dan rasa gurihnya alami serta sehat.Untuk membuat bawang goreng, biasanyadigunakan bawang merah dari Sumenep yang besar dan agak lonjong, ataupun bawangBrebes yang beraroma. Untuk membuat bawang goreng yang guri dan tahanlama cukup mudah, berikut cara pembuatannya:

  1. Pililah bawang merah yang masih segar, pilihukuran yang sedang kalau ada ukuran yang besar dan kering itu lebih baik. Agarbawang mudah dipotong dan hasilnya tidak hancur.
  2. Potong bawang tipis- tipis dengan menggunakanmesin pemotong bawang, agar hasilnya bisa seragam dan jika digoreng matangnya juga bisa merata.
  3. Taruh bawang yang sudah diiris tipis –tipis didalam wadah yang datar, seperti baki atau tampah.Tambahkan garam sesuai selera dan adaukhingga merata. Setelah itu taburi tepung maizena dan aduk hingga merata, taburandisesuaikan dengan bawang yang akan di goreng. Pemberian garam dan tepungmaizena bermaksud agar gorengan bawang bisa renyah.
  4. Pada saat menggoreng bawang gunakanminyak yang banyak dan dengan api yang kecil agar bawang tidak cepat gosongsaat digoreng, gorengan bawang sambil aduk – aduk agar matangnya merata, jikadiaduk sudah mulai terpisah, pertandan gorengan bawang mulai kering.
  5. Saat warna sudah kuning kecoklatanlangsung angkat bwang goreng. Panas minyak akan membuat
  6. Bawang goreng menjadi coklat keemasan meskipunsudah diangkat dari minyak.
  7. Angkat dan tiriskan diatas tampah/bakiyang sudah diberi alas tisu atau kertas agar minyaknya bisa terserap. Agar lebihmudah anda bisa mengeringkan bawang goreng dengan menggunakan mesin penirisminyak.
  8. Pastikan bawang goreng sudah kering dandingin sebelum dimasukan kedalam toples, agar saat disimpan didalam toples bisatetap renyah, kering dan tahan lama.
  9. Simpan bawang goreng dalam toples tutuprapat dan kedap udara.

Sumber: disini 

**Jika anda membutuhkan mesin pemotong bawang danpeniris minyak, anda bisa menghubungi ke rumahmesin, kunjungi web kami di www.rumahmesin.com.

One thought on “Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s