Pakan Ternak Alternatif dan Murah

GambarMengantisipasi mahalnya pakan ternak di musim kemarau, peternak mengembangkan pakan alternatif. Pembuatannya cukup mudah, memanfaatkan sampah dedauan di sekitar pekarangan rumah. Bahan tersebut diolah dengan bahan vermentasi , sehingga menjadi alterlatif solusi bagi peternak.

“Pakan ternak alternatif lebih sehat dan berprotein tinggi. Saat musim kemarau, hijauan pakan mahal mencapai Rp 20 ribu satu ikat, dengan pakan ternak alternatif lebih murah, kata Ton Martono salah satu peternak di Karangsari, Karangrejek, Wonosari.

Diungkapkan, waktu pembuatan pakan alternatif cukup dua hari. Sampah dedaunan yang dicacah selanjutnya dicampur dengan bahan bekatul, tepung gaplek. Sementara pada proses fermentasinya daun dicampur dengan beberapa bahan diantaranya garam, tetes tebu serta cairan Suplemen Organik Cair (SOC).

Bahan yang diguyur cairan secara merata, dimasukan ke dalam tong plastic dan ditutup rapat. “Selama dua hari didiamkan, tetapi harus disimpan rapat, baru bisa dipergunakan sebagai pakan alternatif,”

Berikut berbagai bahan pakan ternak Alternatif yang bisa kita manfaatkan :

  • Daun Pisang

Gambar

Dalam Setiap 100 gram daun pisang terkandung lemak 4,31 gram protein, karbohidrat 33, 10 gram, dan kalorinya 224 kkal. Hal ini kesemuanya merupakan zat-zat yang diperlukan dalam membuat pakan yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan gizi ternak.

  • Kulit Pisang

Gambar

Kandungan nutrisi kulit pisang sangat berpotensi sekali sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk semua fase kehidupan ternak. Kandungan karbohidrat terutama bahan ekstrak tanpa nitrogen sebesar 66,20 % (Heruwatno, dkk. 1993) dan masih mengandung selulosa dan hemiselulosa sebesar 40 % dari total serat kasar yang dikandungnya (Parakkasi, 1990) dengan kandungan serat kasar kulit pisang sebesar 13 % (Gohl, 1981). Van Soest (1994) bahwa selulosa dan hemiselulosa merupakan komponen dinding sel tanaman yang masih dapat dimanfaatkan oleh ternak ruminansia.

  • Batang pisang

Gambar

Batang pisang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Batang pisang dapat juga digunakan sebagai obat. Semak berumpun setinggi 3 meter itu buahnya memiliki kandungan kimia noradrenalin, 5-hidroksi triptamin, dopamin, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, F, G, serotinin, pektin, dan tanin (buah muda). Getahnya mengandung tanin dan asam galat.

  • Rendeng Kangkung

Gambar

Merupakan salah satu bahan pakan alternatif untuk bahan pakan ternak di musim kemarau, karena dalam keadaan kering bisa bertahan hingga tahunan.

 

Namun jika kita bisa mengupayakan stok pakan dari jerami atau rumput dengan jumlah besar, bisa kita kelola dengan optimal misalnya dengan dibuat polar.  Polar merupakan pakan ternak dalam bentuk balok. Bahan baku press bisa rumput, atau campuran seperti ampas bir, ampas gandum, ampas kecap, ampas tahu, gaplek dll. Untuk mesin yang praktis dalam membuat pakan polar bisa di cek di www.rumahmesin.com

Sumber : lembahgogoniti.com , krjogja.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s