Cara Membuat Bijih Plastik Dengan Mudah

plastikSampah plastik adalah bahan yang cukup sulit untuk diuraikan. Penggunaan plastik sebagai kemasan sudah sangat masif, mulai dari sachet shampoo yang kecil, gelas minuman, kantung plastik, bungkus deterjen, dan masih banyak lagi untuk disebutkan satu per satu. Dan kita sering membuangnya begitu saja, tanpa sadar nilai ke-ekonomian-nya. Memang sampah merupakan persoalan tersendiri yang tak pernah selesai dibahas, apalagi di tengah ‘pemanasan global’ yang bukan sekedar isu lagi. Sampah non organik menjadi salah satu tersangka utama atas dosa abadinya yaitu tidak mau diurai oleh alam secara alami.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah non organik yang secara garis besar meliput kegiatan pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi. Dengan daur ulang, sampah yang tadinya tak berguna disulap menjadi produk baru yang bernilai guna sama maupun produk baru yang punya fungsi berbeda.

Dalam pengertian sempit, tak jarang proses atau kegiatan daur ulang dinilai sebagai proses yang (lebih) mahal dibanding membuat produk baru. Namun secara kompleks, tujuan dari kegiatan daur ulang memiliki cakupan yang luas, yaitu mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan, dan mengurangi polusi dan emisi gas rumah kaca, ketimbang proses pembuatan barang baru. Penghematan energi dan polusi yang cukup besar bisa didapatkan dari daur ulang kertas, logam, kaca, dan plastik.

Pengolahan Bijih Plastik Skala besar

Secara garis besar, pabrik pengolah plastik akan memproses bijih plastik menjadi produk plastik baru dalam berbagai bentuk melalui beberapa proses :

  • Bijih plastik dicuci dengan cairan kimia atau cairan panas,
  • Dipanaskan sampai cair, diberi pewarna (sesuai permintaan)
  • Dicetak menyerupai lidi panjang.
  • Dipotong kecil-kecil sesuai permintaan.

*dalam pelelehan biasanya ditambahkan Polimer guna merekatkan, melenturkan plastik, agar tidak mudah patah atau pecah saat dibentuk nantinya.

Potongan-potongan plastik yang sudah diwarnai ini dimasukkan ke dalam mesin cetak (moulding machine) untuk dilelehkan dan dicetak sesuai keinginan. Misalnya, ember, gayung, tas plastik, jerigen, dan lain-lain. Nah, produk-produk inilah yang kemudian kita temui di pasaran.

Bijih Plastik  Sederhana

Anda mungkin bertanya-tanya, plastik yang seperti apa yang dapat diproses menjadi bijih plastik dengan mesin pencacah ini. Seperti Anda ketahui, terdapat bermacam-macam jenis plastik di dunia ini. Jenis-jenis plastik tersebut digolongkan dalam beberapa kelompok berkode. Untuk plastik kemasan produk pangan, terdapat tujuh kelompok dengan kode angka 1 hingga 7, diikuti singkatan nama bahan. Angka tersebut biasa ditulis di tengah gambar segitiga (simbol daur ulang).

Jenis plastik yang dapat dicacah dengan mesin adalah jenis plastik yang berkarakter cenderung keras dan tebal (bukan tipis seperti tas plastik, atau tas kresek). Contohnya adalah botol minuman, kursi plastik dan sebagainya. Biasanya berkode PET (Poly Ethylene Theraphalate), HDPE (High Density Polyethylene), PVC (Poly Vinyl Chlorida), PP (Poly Propylene), dan PS (Poli Styrene). PET umumnya dipakai pada botol minuman atau bahan konsumsi cair lainnya, HDPE pada botol deterjen, PVC pada pipa dan furnitur, sedang PP pada tutup botol minuman, sedotan dan beberapa jenis mainan. Dan PS sering dipakai untuk pembuat kotak makan, kotak pembungkus daging, cangkir, dan peralatan dapur lainnya.

Salam Peduli Lingkungan untuk Indonesia Lebih baik.

*Usaha bijih plastik ini termasuk potensial, Anda mau menekuni usaha tersebut? silahkan cek peralatan-peralatan yang Anda butuhkan di Rumah Mesin.

Sumber : www.icbc-indonesia.org & dari berbagai sumber

5 thoughts on “Cara Membuat Bijih Plastik Dengan Mudah

  1. dalam pelelehan biasanya ditambahkan Polimer guna merekatkan, melenturkan plastik, agar tidak mudah patah atau pecah saat dibentuk nantinya.
    maksud dr polimer itu apa ya mas? apa bahan itu beli apa campuran dr plastik? bentuknya cairan atau apa?gimana bisa mendapatkan?terima kasih
    via email edy.nakulo@yahoo.co.id

    • Pada umumnya polimer dikenal sebagai materi yang bersifat non-konduktif atau isolator.
      Manfaat Aplikasi Kegunaan Dari Polimer
      Polimer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling mudah ditemui adalah bahan/barang yang terbuat dari plastik.
      Polimer jenis PE polietilena lebih banyak digunakan untuk plastik pembungkus, panci, pembungkus makanan, dan kantung plastik.
      Polimer jenis polietilen tereftalat PET dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan film, tas plastik, dan jas hujan.
      Polimer jenis politetrafluoretena, Teflon banyak digunakan sebagai pelapis karena tahan tarhadap panas, dan permukaan licin. Contoh penggunaannya adalah untuk penggorengan karena tidak lengket ketika dipakai untuk memasak.dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s