Cara Mudah Membelah Duarian

images

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aroman menyengatnya.

Selain bisa dimakan langsung, salut biji durian juga banyak dibuat penganan. Seperti dodol, tempoyak (mungkin baru dengar), campuran kolak maupun kue. Perasa durian pun juga banyak digunakan dalam industri permen dan minuman. Dengan adanya perasa durian, pecinta durian bisa mengobati rasa kangen durian sebelum masa panen durian tiba. Baik, selanjutnya kita bahas cara membelah durian.

images (1)Orang yang baru belajar membeli durian dianjurkan membeli durian yang telah siap dibuka karena membelah durian agak sukar. Biasanya kita dapat dengan mudah menemukan penjual yang memberi pelayanan membelah durian. Bila pembeli sudah setuju untuk membelinya, penjual biasanya akan membelah durian sebagai pelayanannya. Namun buah durian yang sudah dibelah perlu segera dimakan karena buah itu cenderung untuk “berkeringat”. Bila isi durian mulai menghasilkan air, buah durian akan kehilangan rasanya dan tidak banyak gunanya.

Orang dapat belajar membelah durian dengan hati-hati dengan peralatan yang biasa terdapat.

  • Periksalah kulit luar buah untuk menemukan “garis” (kampuh) sepanjang permukaan di mana duri durian tersusun membentuk garis lurus.
  • Umumnya terdapat hingga 5 garis sepanjang permukaan buah durian.
  • Bagian tangkai durian harus dibalikkan dan garis urat durian akan bertemu pada satu titik di ujung buah.
  • Pelan-pelan tusukkan benda tajam (pisau) pada titik ini, lalu goreskan sepanjang “garis” yang sudah terlihat sebelumnya.
  • Sarung tangan atau sehelai kain yang tebal dapat digunakan untuk memegang buah durian dengan sebelah tangan, sementara tangan yang satunya untuk melakukan tugas ini.
  • Waspadai risiko tertusuk duri durian.
  • Bila kulit buah durian telah terbuka menjadi dua bagian, isi di dalam telah siap untuk dimakan.
  • Ruas selebihnya dapat dibelah dengan menggunakan telapak tangan dengan cara merobek ujung kulit durian sedikit pada sepanjang pusat titik tengah sebelumnya.

Hmmm . . .  sedikit ribet ya, btw ada lho alat pembelah durian yang praktis dan aman. Untuk mempermudah pembukaan kulit duren durian, kami menyediakan alat pembelah durian duren untuk anda. Selamat Menikamati Durian dan jangan berlebihan  . . . .🙂

Cara memilih Durian baca selengkapnya . . .

Sumber : *diolah dari berbagai sumber

One thought on “Cara Mudah Membelah Duarian

  1. keliatannya dah mau mulai musim durian lagi nih .. jadi manfaat banget baca tips memilih durian yang agan sampaikan, spy nggak salah pilih. dah mahal salah pilih kan sakitanya tuh disini(nunjuk di dompet) hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s