Berbagai Manfaat Buah Pala

Pala memiliki banyak fungsi, bukan hanya digunakan untuk bumbu masak, dan manisan. Namun kandungan kimia buah ini juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Buah Pala merupakan imagestumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku (asli indonesia). Sejak masa Romawi dulu, buah dan biji pala menjadi komoditi perdagangan yang penting akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah. Tidak heran jika dulu Belanda dan Portugis mendatangi Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya.

Buah ini bila sudah masak, kulit dan daging buah membuka, kemudian biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat. Pala dipanen biji, salut bijinya (arillus), dan daging buahnya. Panen pertama dilakukan 7 sampai 9 tahun setelah pohonnya ditanam dan mencapai kemampuan produksi maksimum setelah 25 tahun. Tumbuhnya dapat mencapai 20m dan usianya bisa mencapai ratusan tahun.

Bagian-bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi yaitu : Pertama  Daging buah, dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Yang ke dua fuli (bunga pala), bisa digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Terakhir Bagian biji, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan dengan cara di haluskan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet.

Kandungan Buah Pala

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buah Pala :

  • Jumlah Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg

Dari kandungan tersebut dapat kita lihat betapa banyak manfaat yang kita peroleh. Buah yang biasa dijadikan manisan ini juga daptat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti :

Manfaat Buah Pala

  1. Pereda sakit perut, Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
  2. Obat tidur, Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat.
  3. Menghilangkan jerawat dan noda, Tubuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.
  4. Mengatasi rasa mualSeduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  5. Meringankan penyakit maag, Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh
  6. Menyembuhkan suara parau, Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh.

Salam sehat, semoga bermanfaat.

* Jika Anda berminat lebih mendalalam dalam tentang pengolahan buah Pala. silahkan kunjungi rumahmesin.com 

Sumber : permathic.blogspot.com , wikipedia

2 thoughts on “Berbagai Manfaat Buah Pala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s