Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

rumahmesin.comTidak banyak orang tahumanfaat singkong mulai  kandungan nutrisi dan khasiatnya untuk kesehatan. Singkong merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki beberapa nama seperti ketela pohon atau umbi kayu. Singkong dikenal sebagai alternatif makanan pokok sumber karbohidrat selain beras. bahkan daunnya biasa dijadikan sayuran atau lalapan.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa ambil dari singkong :

  • Singkong baik untuk diet rendah kalori

Hal tersebut karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti. Kemudian dengan kandungan seratnya yang tinggi, membuat perut tetap terasa kenyang lebih lama.

  • Singkong baik untuk kesehatan pencernaan

Singkong merupakan umbi yang banyak mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, menjadikan pencernaan kita menjadisehat dan lancar.

  • Manfaat lain Singkong menurut pakar tanaman obat

Dari para ahli yang menekuni penelitian manfaat singkong, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. Singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. Selain bisa digunakan sebagai makanan pokok alternatif, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat.

Sumber : *Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s