Cara Memilih Daging Ayam Yang Segar

imagesDaging Ayam memiliki kandungan gizi yang cukup baik, terutama dari kandungan protein, niasin, vitamin B6 dan B12, Zn, dan potasium. Hidangan yang terbuat dari daging ayam dapat disajikan panas (ayam goreng,dsb), dingin, atau tanpa tulang. Saat ini sering kali ditemukan ayam dengan kualitas yang kurang baik di pasaran, seperti misalnya beredarnya ayam tiren ataupun ayam gelonggongan. Sehingga seorang pembeli dituntut untuk cermat dalam memilih ayam berkualitas baik.

Berikut ciri-ciri ayam yang berkualitas segar dan sehat :

  • Kalau kita membeli ayam utuh (belum dipotong-potong), pertama-tama lihat bagian leher untuk mengetahui apakah penyembelihan dilakukann secara benar atau tidak. Hindari bekas penyembelihan di leher yang ada darah beku atau menggumpal.
  • Pilih daging yang masih segar dengan bagian dada terasa padat dan tebal.
  • Hindari memilih ayam yang warna kulitnya terlalu kuning, karena dikhawatirkan ayam tersebut diberi zat pewarna karena kondisinya sudah tidak baik.
  • Jangan pilih ayam yang kulitnya terdapat memar, dan luka karena mudah terkontaminasi bakteri dan cepat membusuk.
  • Hindari membeli ayam yang teksturnya sangat kenyal dan berwarna pucat mengkilat karena bisa jadi sudah diberi formalin.
  • Usahakan belanja daging ayam di tempat yang sudah terpercaya (peyembelihan dan pembersihan) serta jujur sehingga Anda tidak tertipu.
  • Lebih aman lagi kalau Anda memilih ayam hidup dan melihat proses penyembelihannya.

Setelah dibeli, daging ayam harus disimpan di tempat yang benar karena ayam mudah tercemar bakteri Salmonella yang terbawa bersama udara. Ayam yang dikemas dalam dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam chiller dengan suhu 0o-2oC dapat bertahan selama 2-3 hari. Jika ingin ayam tersebut dapat bertahan lebih lama, simpan di dalam freezer, ayam dapat bertahan selama 6 bulan.

Sumber : dari berbagi sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s