Cara Memilih Batako Yang Baik

batako cetakan mesinBatako merupakan material bangunan yang terbuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu. Batako yang dijual di pasaran umumnya ada 2 macam. Ada yang dibuat dengan cetakan manual (menggunakan tangan) dan ada juga yang menggunakan cetakan mesin. Jika dilihat sepintas, keduanya mirip, baik dari ukuran maupun bentuknya. Dari ukuran, kedua batako ini memiliki panjang 36 – 40 cm, tebal 8 – 10 cm, dan tinggi 18 – 20 cm. Keduanya menggunakan standar dimensi yang sama.

Namun jika diperhatikan dengan detail, ada perbedaan diantara ke duanya. Perbedannya bisa dilihat dari kepadatan permukaan batako. Secara mudah terlihat pada permukaannya, kepadatannya paling rapat itu yang hasil cetakan mesin. Dan untuk kualitasnya, tentu yang cetakan mesin yang paling baik.

Karena memiliki pori yang rapat, batako cetakan mesin kedap air sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya rembesan air. Hal ini menandakan ketepatan komposisi dan adonan. Kemudian jika di paku, yang menggunakan cetakan mesin juga memiliki daya cengkram yang lebih kuat.

Sedangkan batako yang dibuat dengan menggunakan tangan biasanya lebih mudah rapuh. Batako yang baik akan tersa berat jika dijinjing dengan tangan. Ini merupakan salah satu bukti bahan yang di buat melekat erat dan tidak menimbulkan ronggga, kecuali yg di sengaja di buat beronga. Semoga bermanfaat . . .🙂

*Pilih Yang Hasil Cetakan Mesin

(Sumber : dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s