Cara Membuat Pakan Ternak dari Tongkol Jagung

tongkol jagung

Tonggkol jagung, janggel jagung, bonggol jangung yang jelas semua istilah itu mengacu pada sebuah limbah yang di hasilkan setelah jagung di pisahkan dari tongkolnya. Bagi sebagian atau bahkan banyak orang tongkol jagung hanya menjadi sampah dan mungkin ada juga yang memanfaatkannya hanya untuk kayu bakar. Namun tahukah kita bahawa Tonggol jagung ini bisa di “sulap” sehingga bisa menghasilkan jutaan rupiah?. Di Jepang tongkol jagung di olah dan dijadikan bahan pakan ternak dengan nama concobu. Harganya US$155 per ton dan kebutuhan Jepang sebanyak 15 kontainer per minggu atau 3.600 ton per tahun. Berikut ini kita akan belajar bersama bagaimana pembuatan coconbu tersebut.

  1. Siapkan alat berupa mesin pencacah tongkol jagung.
  2. Tongkol ini disortir lalu dikeringkan dengan oven selama 24 jam.
  3. Kemudian menggunakan mesin pencacah yang digerakkan dengan dinamo listrik, tongkol jagung ini dicacah lalu diayak sampai dihasilkanconcobu berukuran 3 mm, 4, mm, 6mm, dan 8 mm sesuai permintaan Jepang.
  4. Per kilogram tongkol jagung diperoleh 66% corn cob, 33% produksi halus, dan 1% debu terbang. Jadi, dari satu ton tongkol jagung diperoleh 660 kg corn cob.

Standar Bahan Baku (coconbu)

Standar kualitas tongkol jagung untuk memproduksi concobu adalah berwarna putih, tidak terlihat kehitam-hitaman atau kecokelat-cokelatan, tidak berjamur, bebas dari semua jenis racun dan minyak, bebas dari sampah (plastik, kertas dan logam). Kadar airnya 11%

Sumber : anekaplanta.wordpress.com | foto (anatarafoto.com)

4 thoughts on “Cara Membuat Pakan Ternak dari Tongkol Jagung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s