Cara Membuat Jahe Instan

jahe instan

Jahe Instan merupakan salah satu produk yang dihasilkan turunan dari pengolahan hasil pertanian. Selain yang mudah dalam pembuatannya, jahe instan juga memiliki peluang usaha yang cukup besar. Pergeseran pola hidup masyarakat yang cenderung memilih segala sesuatu yang bersifat instan, akan memberi peluang tersendiri untuk pemasaran produk jahe instan. Selain itu, kebutuhan masyarakat terhadap jahe instan juga sangat tinggi, hal ini terbukti dari peningkatan kebutuhan bahan baku jahe dari perusahaan-perusahaan yang memproduksi jahe instan. Penasaran ? berikut cara pembuatannya.

Bahan Jahe Instan

  • Jahe 1 kg
  • Gula Pasir 1 Kg
  • Serai 5 batang
  • Cengkeh 10 butir
  • Daun Pandan 5 helai
  • Kayu Manis 3 ruas jari
  • Air 1 gelas ukuran sedang

Proses Pembuatan Jahe Instan

  1. Pilih jahe yang tua dan baik. Jahe dikupas dan di cuci, lalu dipotong kecil-kecil.
  2. Campur potongan jahe yang telah dipotong kecil-kecil tersebut dengan air, kemudian diparut / blender sampai halus.
  3. Jahe halus yang sudah diblender kemudian diperas menggunakan saringan halus. Air perasan jahe tersebut digunakan sebagai bahan pokok.
  4. Cuci hingga bersih semua bahan lain.
  5. Masukkan air perasan jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh, gula pasir ke dalam panci, kemudian tambahkan 1 gelas air, lalu aduk hingga rata.
  6. Campuran bahan yang telah diaduk kemudian direbus. Api yang digunakan untuk merebus jangan terlalu besar. Aduk terus agar tidak lengket/gosong.
  7. Jika bahan yang direbus sudah mulai masak, tandanya telah mengkristal dan berwarna putih agak coklat muda, segera angkat lalu biarkan hingga dingin.
  8. Ayaklah jahe instan hingga kristalnya halus dan rata. Kristal jahe yang masih kasar dihaluskan lalu diayak lagi sampai halus dan rata.
  9. Jahe instan siap disajikan atau dikemas.
  10. Untuk memproduksi jahe instan, alat-latnya bisa di lihat di sini.

Untuk Anda ketahui, Jahe memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Diantaranya Jahe dapat berfungsi sebagai peluruh lambung, mengobati sakit pinggang dan ecok yang sering menyerang otot, mengobati demam, nyeri, dan muntah-muntah, serta bermanfaat untuk menambah stamina agar tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, mengkonsumsi jahe secara rutin sangat baik pengaruhnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Demikian, semoga sajian cara membuat jahe ini bisa bermanfaat.

Sumber :  tanijogonegoro.com | Foto (miti.or.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s