Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk Instan.

susukedelai

Bubuk kedelai digunakan sebagai minuman segar, karena mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Kadar protein bubuk kedelai lebih tinggi dari pada whole milk maupun skimmed milk. Apabila ditinjau dari kadar protein saja, maka bubuk kedelai dapat digunakan untuk mengganti susu. Cara pembuatan bubuk kedelai sangat mudah yaitu dengan cara menggoreng tanpa minyak (sangrai), kemudian dihaluskan sampai menjadi bubuk. Ada dua cara pembuatan bubuk kedelai yaitu : Penggorengan Sangrai Langsung (tanpa minyak) dan Penggorengan Sangrai Dengan Perendaman. Untuk kesempatan kali ini kita akan bahas cara yang pertama/ sangrai.

Bahan-bahan yang dibutuhkan : 1 kg kedelai, 8 liter air panas, 3 liter air dingin untuk perendaman, 100-200 gram gula pasir, 2 gram panili, 15 gram garam.

Alat yang digunakan : alat penumbuk, tampah/nyiru, ember plastik, ayakan halus, kompor, alat penggorengan (wajan terbuat dari tanah) dan stoples/plastik kemasan.

Caranya Pembuatan

  1. Kedelai dibersihkan.
  2. Panaskan wajan tanah selama 15 menit untuk mendapatkan panas yang merata. Kemudian goreng kedelai tersebut di atas wajan tanah sambil diaduk terus menerus. Lakukan selama 15 menit sampai pecah kulitnya. Atau dengan mesin sangrai.
  3. Angkat dan dinginkan selama 5-10 menit lalu tampi untuk menghilangkan abu dan kulit yang telah terpisah dari biji.
  4. Tumbuk kasar untuk memisahkan kulit dengan biji, lalu tampi lagi sampai tidak ada kulitnya,
  5. Kemudian tumbuk sampai halus, lalu diayak.
  6. Simpan bubuk kedelai ke dalam stoples atau plastik kemasan.
  7. Untuk peralatan pengolahan kedeleai yang lebih praktis bisa di lihat disini.

Dibandingkan dengan susu sapi yang bisa menaikkan kolesterol, susu kedelai justru menurunkan kolesterol. Susu kedelai juga kaya akan isoflavon yaitu sumber antioksidan potensial, dimana dalam satu gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon. Isoflavon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis dan mengurangi resiko kanker. Untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kehalusan dan kemulusan kulit.

Sumber : http://cybex.deptan.go.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s