Pembuatan Asap Cair Dari Tembakau Rendah Tar dan Nikotin

Di Indonesia, tembakau yang baik (komersial) hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh lokasi penanaman dan pengolahan pascapanen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, tergantung produk sasarannya. Seiring permintaan yang cukup pesat sekarang ini,  tetapi komoditi tembakau sebagai bahan baku rokok mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan manusia diawali ditahun 1974 adanya gerakan anti rokok internasional (WHO). Sehingga di perlukan alternatif lain untuk pemanfaatannya. Diantara hal yang bisa di lakukan yaitu dengan mengolah tembakau rendah Tar dan Nikotin.

foto_tembakau2Penurunan kadar nikotin dan tar tembakau dapat dilakukan melalui pemuliaan tanaman agar menghasilkan vavrietas tembakau dengan kadar nikotin dan tar yang rendah sedangkan melalui budidaya dapat dlakukan dengan cara mengatur jenis dan dosis pemupukan, jarak tanam, pemangkasan serta dapat pula melalui pabrikan yaitu dengan menggunakan filter dan kertas rokok yang berpori.  Sebaimana yang telah dilakukan para petani tembakau di Bali. Dari hasil tembakau yang rendah Tar tersebut kemudian di olah menjadi asap cair. Asap cair dari proses pirolisis daun tembakau diperoleh diharapkan dapat berfungsi sebagai esen yang dapat diaplikasikan pada produk yang menyerupai rokok. Berikut proses pembuatanya.

Bahan
Daun tembakau rajangan (N. Tabacum)

Alat
Peralatan pirolisis

Proses Pembuatan
Produksi esen asap cair daun tembakau dengan proses pirolisis untuk menghasilkan rendemen dan sifat asap cair yang medium dalam arti warnanya tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua,  Proses pirolisis dilakukan pada suhu 400 C selama 2,5 jam dengan jumlah daun tembakau sebanyak 1,5 Kg.

Sumber : iptek.net.id | gambar (disbunbali.info)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s