Cara Pembuatan Dodol dari Buah Sirsak

Daging  sirsak  secara komersial untuk diambil daging buahnya. Pohon sisrsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak. Nah, Untuk itu kali ini akan kita bahasa bagaimana mengoptimalkan buah sirsak menjadi Dodol. Kita semua tahu bahwa dodol merupakan makanan camilan yang sudah di kenal luas dimasyarakat. Berikut proses pembuatan dodol dari buah sirsak.

imagesBahan

  • Buah sirsak matang 1 kg
  • Gula pasir 1 kg
  • Asam sitrat atau citrum zuur 0,5 sdt (sendok teh)
  • Garam dapur 0,5 sdt
  • Vanili secukupnya

Peralatan

Pisau, talenan, wadah (baskom), wajan, kompor, botol dan beberapa sarana penunjang lainnya

Cara pembuatan

  1. Kupas kulit buah sirsak dengan pisau yang tajam hingga bersih.
  2. Pisahkan dan buang seluruh biji yang ada, serta tampung daging buah sirsak tanpa biji dalam wadah
  3. Campurkan daging buah sirsak tanpa biji dengan gula pasir, asam sitrat, dan garam dapur, hingga menjadi adonan yang homogen.
  4. Panaskan campuran bahan-bahan tersebut diatas api kecil, sambil terus diaduk-aduk hingga menjadi kental dan berwarna kekuning-kuningan.
  5. Peralatan pengaduk dodol yang praktis bisa d lihat disini.
  6. Angkat wajik atau dodol sirsak tersebut dari perapian dan dinginkan.
  7. Cetak wajik atau dodol sirsak tersebut dalam bentuk segi empat atau panjang lonjong tergantung selera, dan kemudian bungkus dengan kertas minyak.
  8. Kemas wajik atau dodol sisak tersebut dalam kotak plastik beri label atau etiket wajik atau dodol sirsak, sesuai selera🙂

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak .Tentu ini menjadi peluang bisnis yang tepat, bagi sahabat semua jika berminat mengembangkan buah sirsak ini. Selamat mencoba

Sumber : uncp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s