Inovasi Teknologi Pembuatan Nata De Coco Khas Daerah

Pembuatan nata de coco dengan beberapa alternatif perbandingan komposisi bahan yang lebih efisien untuk menghasilkan nata sheet yang baik, dari segi warna, tekstur, ketebalan dan berat (untuk 10 liter air kelapa) sebagai berikut :

Tabel 1. Perbandingan komposisi gula, Za dan cuka dalam 10 liter air kelapa

komposisi

 

Cara Pembuatan : download

  1. Air kelapa disaring, dicampur dengan bahan-bahan lain (urea, cuka, gula) dalam tabel 1.,didihkan selama 15 menit, diangkat dimasukkan pada nampan atau baskom steril dengan volume 1,25 – 1,5 liter/nampan
  2. Diinokulasi dengan menggunakan starter atau bibit sebanyak 10 % (v/v), kemudian ditutup dengan menggunakan kain kasa/ koran, diikat karet.
  3. Nampan diinkubasi atau diperam dengan cara diletakan pada tempat yang bersih, terhindar dari debu menghindari terjadinya kontaminasi, dan dipanen dilakukan pada umur 7-8 hari.

Olahan nata de coco dengan rasa khas daerah
Untuk meningkatkan nilai ekonomis produk dilakukan diversifikasi olahan nata de coco dengan berbagai rasa yang menonjolkan khas daerah, dengan menggunakan bahan perasa alami yang berasal/mudah didapat di lokasi, yaitu rasa rempah secang, jahe, gula asam dan rasa jeruk.

Tabel 2. Resep Nata de coco dengan aneka rasa khas daerah

komposisi 2

Proses Pengolahan Nata de Coco

  1. Nata de Coco dipanen pada umur 7-8 hari, dalam bentuk lembaran dengan ketebalan sekitar 1,5 cm.
  2. Nata de Coco dicuci dengan menggunakan air bersih, dibersihkan lapisan tepi, diiris dalam bentuk kubus, dicuci kembali dengan menggunakan air bersih, direndam dalam air bersih selama 2-3 hari. Agar rasa asam Nata de Coco hilang perlu direbus selama 10 menit tiga kali, sehingga dihasilkan Nata de Coco rasa tawar.
  3. Untuk menghasilkan Nata de Coco siap konsumsi yang memiliki rasa manis dengan rasa tertentu perlu dilakukan proses lanjut. Nata de Coco direbus dalam air bergula, dan  ditambahkan dengan aneka rasa sesuai selera (seperti tabel 2). Untuk rasa rempah secang dan Jahe, sebelum nata de coco dimasukkan, air rasa rempah secang dan jahe tersebut disaring terlebih dahulu.

Sumber : Selvia dkk | Gambar (kompasiana.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s