Cara Membuat Pupuk Organik Dengan Mudah

Sampah merupakan permasalahan utama yang dapat ditemukan hampir di semua pasar tradisional di Indonesia. Selama ini sebagian besar pasar tradisional dalam mengelola sampah masih bertumpu pada pendekatan akhir (end of pipe), yaitu sampah dikumpulkan, diangkut, dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah (TPA). Hal ini berpotensi besar melepas gas metan (CH4) yang dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memberikan kontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu juga diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengangkut sampah tersebut ke TPA. Nah, agar memeiliki manafaat lebih, salah satu hal yang bisa dilakukan dengan diolah menjadi kompos.

Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembuatan fine compost adalah sebagai berikut:

Pengumpulan dan Pemilahan Sampah, sampah dikumpulkan dari dalam pasar dan ditampung di ruang penampungan. Di tempat ini sampah non organik dipisahkan dengan sampah organik. Tahapan ini bisa dilakukan secara manual.

sampah organik
Pencacahan Sampah, sampah organik yang sudah terpisah dengan sampah non organik selanjutnya dicacah dengan menggunakan mesin crusher. Tujuan dari pencacahan ini adalah untuk memperkecil dan menyeragamkan bahan baku kompos sehingga mempermudah proses fermentasi.

Mencacah sampah dengan mesin pencacah

Pencampuran Bahan dalam Bak Pengomposan

  • Bahan kompos diletakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari/hujan dan aduk hingga merata.
  • Stardec ditaburkan hingga merata pada bahan kompos dan simpan dengan ketinggian minimal 100-150 cm. Selama proses pengomposan bahan tersebut harus tetap basah (kadar air 50 -60%).

Contoh bak tempat sampah cacahan

Pengadukan / Pembalikan, Unit Pengolahan Sampah kompos bisa menggunakan system aerob/ dengan udara terbuka. Pembalikan dilakukan satu minggu sekali dan proses ini memerlukan waktu 3 minggu. Panen Kompos, setelah 21 hari sampah akan berubah warna menjadi kehitaman dan menjadi lebih lunak. Setelah proses dekomposisi, pupuk organik yang telah matang (siap pakai) dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Warna coklat kehitaman
  • Suhu awal relatif sama dengan akhir dari pengomposan
  • Volume minimal menyusut 20
  • Berbau harum dan tidak menyengat

Kompos sampah telah cukup matang. Kompos selanjutnya dipanen dan dibawa ke tempat pengolahan lebih lanjut. Di tempat ini kompos dicacah sekali lagi untuk kemudian di ayak menggunakan saringan yang lebih kecil untuk menyeragamkan ukuran dan mempercantik tampilan kompos.

Kompos matang, ini hasil akhir dari proses urai sampah
Pengolahan Pasca Panen, setelah kompos yang sudah jadi diayak, proses selanjutnya adalah memasukkan kompos ke gudang penyimpanan sebelum di lakukan pengemasan. Pengemasan, setelah itu dilakukan pengemasan sesuai dengan permintaan konsumen.

Hasil dari Perlakuan sampah yang Ramah

Pemakaian pupuk organik untuk pertanian memberikan keuntungan-keuntungan ekologis maupun ekonomis. Bahan organik dalam pupuk berperan penting dalam memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologis tanah sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah, serta mengurangi ketergantungan pada pupuk anorganik/kimia. Pemupukan organik yang banyak diaplikasikan oleh petani di Indonesia adalah aplikasi pupuk kandang. Oleh karena ketersedian pupuk kandang masih terbatas, maka perlu dilakukan adaptasi dengan mengurangi pupuk kandang dan memberikan pupuk kompos. Demikian proses pembuatan cara pembuatan kompos organik. Semoga bermanfaat bagi dan kita semua bisa mengelola sampah dengan cerdas dan bijak.🙂

Sumber : kompasiana.com & dari berbagi sumber

One thought on “Cara Membuat Pupuk Organik Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s