Cara Pembuatan Mie Basah

Mie basah banyak di produksi dalam skala rumah tangga atau industri-industri kecil. Jenis mie ini banyak di jumpai di pasar dan tukang bakso dan tukang mie kopyok. Mie basah pada umumnya dibuat oleh pabrik-pabrik kecil yang jumlahnya cukup banyak dengan produksi bervariasi anatara 500-1500 Kg mie paer hari. Mie basah memang tidak tahan disimpan lama. Bila dibuat serta di tangani dengan baik maka pada musim panas atau musim kering mie basah dapat tahan sampai 36 jam. Pada musim penghujan hanya tahan 20-24 jam. Pada prisnsipnya pembuatan mie masah sama dengan mie pada umumnya. hanya pada pembuatan mie basah perlu di tambah kansui (air abu) dan beberapa bahan tambahan lain.

images

Pembuatan mie meliputi tahap-tahap pencampuran, pengistirahatan, pembentukan lembaran dan pemotongan/pencetakan.Untuk memperoleh produk yang awet dan mudah dihidangkan (instan) maka setelah pengukusan dilakukan penggorengan. Berikut proses pembuatan dan beberapa peralatan serta kebutuhan bahan untuk pembuatan mie basah.

Peralatan : Mesin pengaduk, mesin rol pres, alat pencetak, baskom, pengukus, kompor

Bahan
Terigu 1000 g
Air 375 ml
Garam 20 g
Obat mie 5 g dan air abu 20 ml
Natrium karbonat : natrium tripolifosfat (3:2) = 5 g
CMC 2 g

Proses pembuatan

  1. Timbang bahan-bahan sesuai takaran
  2. Larutkan semua garam dalam air (takaran)
  3. Masukan terigu kedalam pengadukan pada mesin pembuat mie jalankan mesin pengaduk dan tambahkan larutan garam pada terigu dalam pengaduk. Biarkan pengadukan selama 5 sampai 10 menit.
  4. jalankan mesin pengepres dan masukan adonan dalam pengumpan anatara roller. Atur jarak roller mulai yang tebal sekitar 1 cm kemudian semakin sempit sehingga ketebalan lembaran adonan sesuai dengan ukuran mie yang diinginkan.
  5. Pasang roller pemotong/pencetak mie. Masukkan lagi lembaran adonan ke dalam roll pengepres. Potong mie yang terbentuk kira-kira 30 cm.
  6. Jika agak lengket taburi dengan tepung, kemudian kukus

 Sumber : disini | gambar (wikipedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s