Mesin Produksi Gula Merah Aren Tipe Open Pan Evaporator

komponen2

Tangki Nira

Tangki nira dengan volume 590 liter berfungsi untuk menampung sementara nira yang baru disadap sambil menunggu diproses lebih lanjut. Nira dalam tangki disirkulasikan dan dipanaskan dalam economizer yang berada di dalam cerobong asap. Dengan demikian, nira dalam tangki akan menjadi panas selama proses penguapan nira pada evaporator. Setelah selesai pemasakan nira dalam evaporator dan gula siap dicetak, nira dalam tangkipun sudah siap diolah lebih lanjut dalam dengan kondisi sudah panas. Dengan demikian pemguapan/pemasakan nira akan lebih cepat

Tungku

Tungku digunakan untuk sumber pemanasan dalam operasi pemasakan nira menjadi gyula. Tungku yang dirancang, menggunakan bahan bakar biomasa seperti batu bara, tempurung kelapa atau kayu bakar dan lain-lain. Tungku dilengkapi dengan blower untuk mempercepat suplai oksigen sehingga pembakaran bahan bakar dapat berlangsung dengan lebih baik.

Evaporator

Evaporator yang digunakan adalah tipe Open Pan Evavorator. Tangki evaporator diletakkan diatas tungku sehingga api pemanas kontak langsung dengan dasar tangki evaporator. Evaporator berfiungsi untuk memanaskan dan mengeluarkan air dari nira yang akan dikentalkan. Evaporator dilengkapi dengan pengaduk dengan blade dari kayu. Blade kayu ditempatkan pada ujung pengaduk dengan kondisi yang dapat dinaik-turunkan sesuai dengan kebutuhan. Blade terbuat dari kayu jika perlu diganti petani dapat membuat sendiri di lokasi produksi.

Pompa Transfer

Pompa transfer digunakan untuk memindahkan bahan dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Ada dua pompa transfer yang digunakan, yaitu :
Pompa pertama adalah pompa transfer untuk memindahkan nira yang telah dievaporasi dalam keadaan setengah proses (setengah kental) dan akan disimpan sementara untuk untuk diproses lagi pada kesempatan lain. Pompa ini adalah pompa gear, biasanya digunakan pada evaporator vakum untuk mengeluarkan produk gula hampir siap cetak. Pada evaporator tipe open pan evaporator pompa ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai pompa pengeluaran seperti itu, tetapi pada saat gula masih panas dan harus cepat. Setelah pemompaan selesai akhiri dengan memompa air panas, agar tidak terjadi kemacdetan. Bila operasi pemompaan terlambat memungkinkan terjadi pemadatan dalam pompa dan pipa, sehingan pompa menjadi macet. Jika terjadi pemadatan dan kemacetan dalam pompa, bukalah sambungan pipa dan kemudian pompa dan pipa direndam dengan air panas, tunggu sampai melumer. Setelah itu baru dipasang lagi.
Pompa kedua adalah pompa transfer nira digunakan untuk memindahkan nira dari tangki nira ke evaporator (sebagai pengimput evaporator). Selain itu, pompa ini berfungsi untuk memasukkan nira yang baru dating ke tangki nira. Pompa ini berfungsi juga untuk sirkulasi nira di tangki nira ke economizer dan kembali lagi ke trangki nira selama proases evaporasi di dalam evaporator berlangsung

Ekonomizer

Ekonomizer adalah komponen alat yang digunakan untuk memanfaatkan gas buangan dalam cerobong yang masih panas untuk pemanasan nir. Ekonomizer adalah berupa alat pindah panas tipe tubular yang ditempatkan dalam cerobong asap. Selama operasi evaporasi dalam evaporator berlangsung, bahan baku nira dalam tangki disirkulasikan berulang-ulang dalam economizer dan nira dalam tangki menjadi panas. Dengan demikian, nira tidak akan menjadi asam walaupun pemasakan tertunda.

Alat pengemas

Alat pengemas yang digunakan adalah pengepres plastic yang tenaga pengepressannya menggunakan kaki. Untu mengepres plastic digunakan filament pemanas dengan energy listrik. Pebgepres plastic ini dapat diatur tingkat pemanasannya sesuai dengan ketebalan plastic.

Instalasi Alat

Instalasi komponen peralatan ekstraksi ini dilakukan dengan mengikuti rangkaian skema instalasi mesin produksi gula merah aren tipe open pan evaporator. Komponen peralatan ini semua dirancang secara knock down untuk memudahkan pengangkutan dan pemasangan.

  1. Tungku ditempatkan pada dasar yang rata, kemudian tempatkan evaporator di bagian atas tungku.
  2. Pasang kaki penunjang dudukan pengaduk pada tungku dengan menggunakan baut.
  3. Kuncilah tangki evaporator ke kaki penunjang agar kondisi evaporator dan tungku stabil.
  4. Pasang motor pengaduk pada tempatnya, lalu pasang rantai untuk menghubungkan motor dengan pengaduk. Lalu tarik motor agar kondisi rantai cukup ketegangannya. Lalu tutup bagian atas rantai.
  5. Pasang blower pada bagian depan bawah tungku.
  6. Selanjutnya, atangki nira di sambung dengan pompa transfer dengan menggunakan pemipaan.
  7. Selanjutnya dari pompa transper dicabang dua, cabang pertama untuk dihubungkan dengan bagian bawah economizer dan cabang kedua dihubungkan dengan evaporator dari bagian atas untuk pengumpanan nira ke evaporator.
  8. Dari economizer di bagian atas dihubungkan lagi dengan tangki nira untuk sirkulasi nira.
  9. Pompa transfer kedua dan pengemas/pengepres plastic, Foot Press, di pasang secara bebas.

Selama instalasi perhatikan arah putaran motor pada pompa harus sesuai dengan arah yang ditetapkan terutama untuk arah putaran motor pompa transfer pertama yang menggunakan motor listrik 3 phase. Oleh karena itu perlu pengecekan putaran motor sebelum mulai mengoperasikan.

Persiapan Pengoperasian

Untuk mengoperasikan peralatan ini, bahan nira, bahan bakar dan energy listrik yang cukup harus telah tersedia.
Untuk menyiapkan operasi peralatan ini diperlukan daya listrik 3 phase, 50 Hz, 220/380 V dengan kebutuhan daya terpakai total sekitar 4500 watt (jika semua dipakai sekaligus). Daya tersedia biasanya 2 kali daya terpakai.
Siapkan bahan bakar biomasa yang kering dan baik. Bahan bakar biomasa bisa berupa briket batubara, tempurung kelapa, potongan kayu dan lain-lain.
Bersihkan tangki nira dan tangki evaporator, dan siapkan nira yang akan dimasak secukupnhya sesuai kapasitasnya.

Cara Mengoperasikan Alat

Untuk mengoperasikan alat ini ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pada kondisi awal, semua valve dalam kondisi tertutup.
  2. Hidupkan listrik dengan menaikkan togel MCB atau menekan tombol Power di box control.
  3. Pertama-tama masukkan nira ke dalam tangki dengan cara menumpahkan langsung ke dalam tangki atau dengan menggunakan pompa. Untuk memasukkan nira dengan pompa, gunanan selang dan sambungkan dengan ujung pipa input (dibawah/samping tangki), Lalu buka valve input dan valve sirkulasi lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer/sirkulasi.
  4. Lalu lakukan sirkulasi nira dengan menutup valve input dan membuka valve bawah tangki.
  5. Isi evaporator dengan nira dengan cara membuka valve pengumpan sampai volume yang diharapkan. Tangki nira agar dipertahankan masih terdapat nira, jika tidak ada nira lagi, tangki dapat diisi dengan air dan selama pemasakan pompa sirkulasi terus dijalankan.
  6. Nyalakan pengaduk dengan cara menekan tombol pada bok control.
  7. Nyalakan tungu dengan cara buka tutup atas pengumpan bahan bakar, lalu bakar biomasa secara manual terlebih dahulu, hingga menyala dan terjadi bara api.
  8. Tutup bagian atas pengumpan bahan bakar dan tempatkan bahan bakar biomasa di atasnya.
  9. Buka pintu depan tungku, lalu dorong bahan bakar dan bara api ke bagian dalam tungku. Tutup pintu depan tungku dan hidupkan blower.
  10. Untuk menambah bahan bakar, pertama matikan blower, lalu buka kembali pintu bagian atas hingga bahan bakar yang berada diatas dan sudah panas turun dan masuk ke dalam tungku.
  11. Ulangi point 9 dan 10 sampai operasi evaporasi/pemasakan nira selesai.
  12. Setelah evaporasi selesai sesuai dengan tanda-tandanya, tuangkan bahan gula ke dalam cetakan dan biarkan sampai mengeras lalu keluarkan dari cetakan.
  13. Gula yang sudah tercetak, dimasukkan ke dalam plastic dan rekatkan ujung plastic dengan pengepres plastic foot press.
  14. Selanjutnya gula dalam plastic siap dijual.
  15. Untuk mengosongkan evaporator dari bahan yang terutama masih bentuk cair, gunakan pompa transfer pertama dengan cara masukkan pipa fleksibel ke dalam evaporator hingga terendam, lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer pada bok control.
  16. Selanjutnya tampung bahan yang dipompa pada pipa pengeluaran pompa.

Sumber : *elsafta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s