Cara Daur Ulang Limbah Plastik

plastic-bottles-photoPlastik merupakan materi yang fleksibel. Meski tak akan pernah habis karena tak dapat diuraikan oleh alam, plastik selalu dapat didaur ulang walau tentu saja kualitasnya pasti menurun. Bijih plastik dari ember bekas, misalnya, dapat dibuat menjadi ember lagi tetapi tidak akan mencapai kualitas yang sama. Namun bijih plastik dari ember ini bisa menjadi produk lain seperti tas kresek (tas plastik jinjing). Peluang usaha daur ulang limbah plastik ini masuk kategori industri global, dalam arti bahwa tidak hanya industri skala besar saja yang bisa melakukannya tetapi usaha kecil dan menengah juga dapat mendaur ulang sampah plastik menjadi produk yang berguna. Berikut sedikit review tentang cara pengolahan limbah plastik :

Sebelum lebih jauh ada baiknya kita tahu jenis-jenis plastik. Hal ini penting karena menetukan mesin pencacah seperti apa yang kita butuhkan.  Dalam membedakan jenis plastik sebab secara fisik banyak sekali kemiripan fisik walaupun sebenarnya berupa jenis plastik yang berbeda. Untuk kemasan produk yang dapat didaur ulang terdapat tanda tiga anak panah melingkar dan didalamnya memiliki nomor tertentu dari angka 1 sampai 7, sesuai dengan jenis masing-masing plastik. Untuk itu disini akan didentifikasi atas produk yang ada berdasarkan jenis polimer pembentuknya, yaitu:

  • PET (Polyethylene Terephtalate), dengan tanda angka 1.
  • HDPE (High Density Polyethylene), dengan tanda angka 2.
  • LDPE (Low Density Polyethylene), dengan tanda angka 3.
  • PVC (Polyvinyl Chloride), dengan tanda angka 4.
  • PP (Polypropylene), dengan tanda angka 5.
  • PS (Polystyrene), dengan tanda angka 6.
  • Multilayer, dengan tanda angka 7.
No Tipe Plastik Temperatur Leleh
1 PET (Polyethylene Terephtalate) 70°C – 80°C
2 HDPE (High Density Polyethylene) 70°C – 80°C
3 PVC (Polyvinyl Chloride) 70°C – 100°C
4 LDPE (Low Density 70 Polyethylene) 70°C – 80°C
5 PP (Polypropylene) 160°C – 170°C
6 PS (Polystyrene) 80°C – 95°C
7 Multilayer Pengecoran

Setiap jenis plastik memiliki sistem pengolahan senediri. Untuk plastik jenis LDPE, HDPE, PET, PVC, PS, dan PP.  Ada beberapa tahap yang dilakukan dalam mendaur ulang plastik, yaitu:

  1. Bersihkan plastik dari kontaminer seperti kertas, ataupun tipe plastik yang lain (biasanya berasal dari label plastik atau sisa isi yang masih melekat). Untuk membersihkan bisa menggunakan cutter maupun dicuci sampai benar-benar bersih dari gudang awal.
  2. Pipihkan plastik (bila berongga seperti botol) dengan cara menginjaknya atau menggunakan mesin pres.
  3. Masukkan ke dalam mesin perajang plastik.
  4. Pilah kembali serpihan plastik untuk membedakan tiap tipe plastik. Media yang digunakan adalah air atau minyak goreng. Berikut identifikasi yang dapat dilakukan untuk membantu membedakan antar tipe plastik.
  5. Plastik yang telah dibedakan tipenya (tenggelam dan mengapung), dipisahkan untuk diproses sesuai dengan tipenya. Serpihan akan dimasukkan ke dalam mesin peleleh (melting).
  6. Setelah diproses pada mesin melting, hasil yang keluar berupa strand yang kemudian dipotong dengan menggunakan mesin pellet. Dan dihasilkan bijih plastik.

Sedangkan untuk Plastik Multilayer, diproses dengan pengecoran, berikut keterangan proses pengolahan plastik jenis multilayer: 1. Cuci plastik multilayer dan bersihkan dari sisa kotoran yang masih melekat. Misalkan untuk sachet sampo bersihkan dari sisa sampo yang masih ada. 2. Keringkan dengan cara dijemur sampai kering. 3. Setelah kering, bakar plastik multilayer sampai semua kandungan plastik leleh. Setelah kandungan plastik leleh, yang tersisa adalah kandungan alumunium (logam). 4. Kandungan logam yang tersisa akan dilelehkan dengan menggunakan tungku pemanas dengan temperatur 700°C untuk alumunium, 1500°C untuk besi, dan > 1500°C untuk baja. Hasil lelehan logam dicetak lalu dinginkan.

Info tambahan : Ada alat yang praktis untuk mendaur ulang plastik mau??? silakan cek di Rumah Mesin

Sumber : *narotama |gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s