Cara Daur Ulang Limabah Botol Kaca

limbah kaca

Sampah anorganik ialah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sinterik maupun hasil prosses teknology pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam, Contohnya: botol plastik, tas plastik, kaleng. Sampai saat ini sampah merupakan persoalan yang belum kunjung selesai di masyarakat. Namun jika kita mau berfikir positif dan melakukan tindakan nyata, banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mengolah limbah-limbah tersebut menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Misalnya limbah  serpihan kaca dapat diolah dan dibentuk menjadi seperti buah-buahan yang cantik seperti gambar dibawah .Selain itu,dapat diolah menjadi hiasan-hiasan lain sesuai selera para pembeli. Namun cara mengolah limbah kaca tersebut tidak mudah. Dibutuhkan kehati-hatian,kecermatan dan waktu yang cukup.

Cara Pembuatannya :
 
Alat dan Bahan :
  • Pecahan kaca atau pecahan botol bekas , toples bekas
  • Panas api (tungku)
  • Cetakan
Cara pembuatan :
  1. Sebelum kita memulai proses peleburan sisa kaca, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kaca dari material yang menempel pada kaca tersebut. Bersihkan kaca dari bahan-bahan yang mengontaminasi. Jika memang sudah diyakini bahwa semua bagian kaca telah bersih maka kita mencuci semua kaca tersubut.
  2. Setelah benar-benar bersih, bahan kaca dilebur dalam tungku selama 24 jam dengan suhu 1.500 derajat Celcius. Dalam proses peleburan ini, kita memang menggunakan api dengan suhu yang sangat tinggi. Hal ini adalah untuk membuat kaca yang sudah terbentuk padat meleleh dan melebur dengan sempurna. Sehingga nanti yang dihasilkan adalah cairan kaca yang siap untuk dibentuk lagi menjadi bentuk lain yang berbeda dari bentuk awalnya.
  3. Setelah memang benar-benar dipastikan bahwa seluruh bagian dari pecahan kaca sudah meleleh, maka saat inilah kita membentuk kaca menjadi sesuai dengan keinginan kita. Dalam pembentukan ini, ada yang menggunakan alat cetak namun ada yang langsung. Yang menggunakan alat cetak, maka cairan kaca panas dimasukkan ke dalam alat cetak. Lalu ditunggu sampai terbentuk bentuk yang baru. Untuk pembentukan sendiri tanpa alat cetak hal ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan diri orang yang mencetak
  4. Leburan kaca ini dapat pula digunakan sebagai bahan bangunan dan pembuatan jalan yang disebut giassphalt. Merupakan bahan pelapis jalan yang menggunakan 30%  material kaca daur ulang. Selain di lebur, bahan kaca dapat dipotong-potong dan dimodifikasi menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan. Misalnya bentuk-bentuk mainan maupun miniatur bangunan-bangunan bersejarah.

limbah

Sumber : hakellyna | gambar

Informasi

Berbagai mesin untuk mengolah sampah dapat diperoleh di RumahMesin.

Jl. Gedongkuning Selatan 202 Yogyakarta
Call Center: (0274) 443 9219
SIMPATI : 0812 2222 9224 /0813 2804 2283
XL : 0878 3336 8884
Email : rumahmesin@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s