Cara Memarut Kelapa Agar Botok Utuh

Foto0536Memarut kelapa bagi sebagian orang menjadi sebuah aktivitas yang kurang menyenangkan. Terlebih jika menggunakan alat parut sederhana, selain butuh waktu yang cukup banyak, keamanan saat memerut juga jadi pertibangan. Dengan berkembangnya teknologi, banyak hal yang bisa kita selesaikan dengan cepat danmudah. Termasuk juga dengan memarut kelapa. Beikut cara memarut kelapa sendiri dengan mudah.

Keluarkan air kelapa sebelum dibelah

  1. Letakkan kelapa pada permukaan yang keras dan rata dan tidak akan rusak.Talenan yang kuat bisa digunakan.
  2. Carilah “mata” kelapa yang lunak yang bisa dimasukkan tusuk sate logam atau obeng kembang merek Philips. Jika tidak ada, buatlah lubang dengan paku yang dipukul palu. Lakukan hal ini pada permukaan yang tidak licin. Hanya satu mata kelapa yang lunak dan mudah untuk dilubangi. Bagian ini adalah mata kelapa yang tepat untuk dilubangi.
  3. Keluarkan air kelapa ke dalam mangkuk. Air kelapa ini bisa digunakan untuk minuman atau memasak.

Belah & Parut kelapa

  • Peganglah kelapa pada satu telapak tangan di atas mangkuk yang besar atau bak cuci dapur. Mangkuk akan menampung air kelapa ketika kelapa terbelah.
  • Perhatikan garis sambungan yang terbentang di antara “mata” kelapa. Ikuti garis sambungan ke garis lingkar kelapa. Dengan menggunakan pinggiran pisau besar (bukan bilahnya) yang tumpul (misalnya pisau dapur, pisau daging yang besar, atau golok) ketuk-ketuk dengan keras sekeliling garis lingkar kelapa sambil diputar-putar.
  • Lanjutkan mengetuk dan memutar kelapa sampai benar-benar terbelah. Jika dilakukan dengan benar, setelah beberapa putaran, kelapa akan terbelah dua.
  • Salah satu cara untuk mengeluarkan daging kelapa dari tempurungnya adalah menggunakan alat pemarut kelapa.  Cara kerja alat ini yaitu tempelkan kelapa pada bilah pisaunya lalu putar engkolnya. Butuh waktu satu menit untuk memarut daging kelapa dengan alat ini.
  • Nah, Batok kelapa yang utuh separuh itu bisa kita manfaatkan sebagai bahan pembuat kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.Mesin-Parut-Kelapa-Scraper1

 

 Tips : *Jika kelapa parut akan dipakai untuk taburan atau lapisan kue, sebaiknya pilih yang tidak terlalu tua. Kupas lalu cuci bersih dan tiriskan. Parut dengan arah serat kelapa membujur dari arah parutan sehingga mendpatkan hasil parutan yang panjang tipis. Aduk kelapa parut ini dengan sedikit garam dan kukus beberapa saat. Agar tidak mudah basi gunakan sendok saat mengambil kelapa parut dan hindari menggunakan tangan telanjang.

Sumber : http://id.wikihow.com/Membelah-Kelapa |gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s